Home » Uncategorized » Ketua YPT Pasundan Dr. Makbul Mansyur Jadi Ketua Apperti Jawa Barat

Ketua YPT Pasundan Dr. Makbul Mansyur Jadi Ketua Apperti Jawa Barat


Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan (YPT Pasundan) Dr. H. Makbul Mansyur, M.Si Rabu 13 Desember 2017 dilantik sebagai Ketua Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi (Apperti) Jawa Barat oleh Ketua Apperti Pusat Pusat Prof. Dr. Jurnalis Uddin, M.Sc di aula dr. Djoendjoenan, komplek perkantoran Paguyuban Pasundan Jl. Sumatera 41 Bandung. Dr. Makbul Mansyur dilantik bersama jajaran pengurus Apperti Jawa Barat lainnya. Acara ini bersamaan dengan upacara peringatan 60 tahun Deklarasi Djuanda yang menyatukan wilayah laut Indonesia.

Dr. H. Makbul Mansyur kini menjadi Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi (YPT) Pasundan yang membawahi empat perguruan tinggi, yaitu Unpas, STIE Pasundan, STKIP Pasundan di Cimahi, dan STH Pasundan di Sukabumi.

Selain Makbul, personalia dari YPT Pasundan yang duduk di jajaran pengurus APPERTI di antaranya Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si. dan Dr. Cece Suryana, SH, MH. Adapun Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan, Prof. Dr. H.M. Didi Turmudzi,M.Si., serta Rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp., M.Si., M.Kom. diposisikan sebagai penasihat.

Prof. Eddy Jusuf selaku Ketua Panitia menyatakan bahwa pelantikan sengaja dilaksanakan bersamaan dengan peringatan 60 tahun Deklarasi Djuanda, dengan harapan agar jajaran pengurus Aapperti dapat mengambil inspirasi dari peristiwa besar yang digagas Perdana Menteri Djuanda Kartawidjaja, tanggal 13 Desember 1557.

“Deklarasi Djuanda 60 tahun silam bertujuan untuk menyatukan perairan Indonesia yang berupa negara kepulauan. Semoga saja Apperti pun mampu menyatukan seluruh potensi yang dimiliki penyelenggara perguruan tinggi,” ucap Prof. Eddy Jusuf.

Acara pelantikan dihadiri Ketua Aptisi Pusat Dr. H. Budi Djatmiko, Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten Prof. Dr. H. Uman Suherman, Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan Prof. Dr. HM. Didi Turmudzi, M.Si, Rektor Unpas yang juga Ketua Aptisi Jawa Barat Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom, keluarga besar Universitas Pasundan, STIE Pasundan, STKIP Pasundan, pengurus yayasan perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat dan undangan.

Apperti dideklarasikan oleh 4.400 pengelola dan pemilik perguruan tinggi swasta seluruh Indonesia di Kampus Universitas Yarsi Jakarta, Sabtu 16 September 2017 dan merupakan organisasi yang digagas oleh para Badan Penyelenggara dan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Ketua Umum Apperti, Profesor Jurnalis Uddin, mengatakan pembentukan Apperti untuk menampung inspirasi sekaligus wadah perjuangan yang akuntabel, taat asas, taat hukum, transparan, fokus, dan profesional.

“Sekarang ini sebenarnya banyak persoalan yang dihadapi pengelola perguruan tinggi, di antaranya banyak peraturan pemerintah yang kian dinamis sehingga perlu dicermati dan diantisipasi oleh badan penyelenggara maupun perguruan tinggi,” kata Jurnalis. Ia menyontohkan regulasi kuota nasional mahasiswa baru program studi (prodi) kedokteran dan kedokteran gigi yang tertuang dalam Permenristekdikti 43/2017.

Sumber : http://www.unpas.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *