Home » Uncategorized » Pemilik Kampus Swasta Deklarasikan Apperti

Pemilik Kampus Swasta Deklarasikan Apperti

JAKARTA – Sebanyak 4.400 pengelola dan pemilik perguruan tinggi swasta seluruh Indonesia mendeklarasikan Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi (Apperti) di Kampus Universitas Yarsi Jakarta, Sabtu (16/9). Ketua Umum Apperti, Profesor Jurnalis Uddin, mengatakan pembentukan Apperti untuk menampung inspirasi sekaligus wadah perjuangan yang akuntabel, taat asas, taat hukum, transparan, fokus, dan profesional.

“Sekarang ini sebenarnya banyak persoalan yang dihadapi pengelola perguruan tinggi, di antaranya banyak peraturan pemerintah yang kian dinamis sehingga perlu dicermati dan diantisipasi oleh badan penyelenggara maupun perguruan tinggi,” kata Jurnalis yang juga Ketua Umum Yayasan Yarsi sekaligus pengelola Universitas Yarsi, seusai deklarasi Apperti. Jurnalis menyontohkan regulasi kuota nasional mahasiswa baru program studi (prodi) kedokteran dan kedokteran gigi yang tertuang dalam Permenristekdikti 43/2017.

“Ketentuan ini menguntungkan fakultas kedokteran yang membuka pendaftaran sebelum 2 Juni. Sebaliknya merugikan fakultas kedokteran yang membuka pendaftaran setelah 2 Juni. Sebab, sebelum 2 Juni, ada fakultas kedokteran yang menerima 300 mahasiswa baru, padahal dia hanya boleh terima 200 mahasiswa,” paparnya. Kalaupun Permenristekdikti itu keluar pada tanggal 2 Juni, sebaiknya dijalankan di tahun akademik 2018 nanti. “Kalau diterapkan sekarang, kami merasa seperti dapat lemparan bom,” ujarnya. yok/E-3

Sumber : http://www.koran-jakarta.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *